Tanda-Tanda dan Cara mengatasi Anak Saat Tidak Nyaman

FacebookTwitter

DokterSehat.com – Balita yang masih berusia 1-2 tahun belum bisa mengungkapkan rasa tidak nyamannya secara frontal. Tapi, bukan berarti mereka tidak bisa mengungkapkannya dengan cara lain, untuk mengungkapkan rasa ketidaknyamanan biasanya si kecil akan bersikap seperti berikut ini:

Menangis

Pada usia 1 tahun biasanya si kecil akan merasa takut dan cemas saat ditinggal kedua orangtuanya pergi, takut di kamar sendirian, atau takut pada orang yang baru dikenal. Untuk meredakan rasa takut dan cemas si kecil sebaiknya Anda berikan pelukan hangat kepadanya untuk menenangkan si kecil.

Memeluk erat orangtua secara tiba-tiba

Berpelukan dapat melepaskan hormon endomorphin yang notabene bermanfaat untuk memperlambat detak jantung dan mengurangi ketegangan. Jika anak tiba-tiba memeluk erat Anda itu berarti dia butuh penenang. Balaslah pelukannya sampai dia merasa tenang dan nyaman hingga melepaskan sendiri pelukannya. Pelukan efektif mengembalikan rasa percaya dirinya.

Mengemut jari

Mengemut jari menjadi salah satu kegiatan yang dapat memberikan rasa nyaman saat si kecil merasa takut, lelah, bosan,sakit, atau sedang berusaha menyesuaikan diri dengan tantangan. Sebelum mengemut jari menjadi kebiasaan anak, sebaiknya segera alihkan perhatiannya ketika dia mulai memasukan jari ke mulut dengan mengajak bermain atau bertepuk tangan.

Menggigit

Saat marah atau frustasi balita akan menggigit untuk mendapatkan sesuatu. Saat anak menggigit Anda usahakan untuk tidak berteriak karena teriakan Anda bisa membuat anak merasa bersalah. Jika anak terlihat frustasi saat bermain sebaiknya alihkan perhatiannya dengan permainan lain sebelum dia menggigit. Buat dia tertawa, namun bila anak masih tetap ingin menggigit segera tatp matanya dan katakan dengan tegas, “Tidak boleh gigit. Sakit.” Kemudian ajak dia melakukan hal lain.

Bersembunyi di balik tubuh orangtua

Perasaan tidak nyaman saat bertemu orang yang baru dikenal terkadang  membuat anak bersembunyi di balik tubuh Anda. Untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya, ajaklah si kecil berinteraksi di antara anak-anak seusianya, tapi jangan sampai Anda mendorong-dorongnya.  Berperan sebagai pendukung dan hanya muncul jika dibutuhkan merupakan cara terbaik. Keberaniannya mengatasi rasa malu dan tidak nyaman saat berkumpul dengan anak-anak sebaya perlu diapresiasi. Beri si kecil pelukan hangat, acungan jempol, atau pujian untuk memupuk rasa percaya diri dan memupus rasa malunya.

Memegang benda yang sama

Si kecil akan mencari benda sebagai pengganti orangtua atau orang lain yang bisa dipercaya membantu mengatasi rasa ketidaknyamanannya. Usia 1–3 tahun adalah usia saat anak paling butuh benda kesayangan. Usia ini merupakan waktu belajar bagi anak untuk bisa merasa nyaman tanpa orang tuanya. Setiap kali anak merasa tidak nyaman maka ia kan memegang benda kesayangannya. Untuk mengatasi ketergantungannya terhadap benda itu sebaiknya coba lepaskan benda itu sambil menawarkan aktivitas lain yang lebih menyenangkan saat ia memegang benda itu untuk mengatasi rasa tidak nyamannya. Misalnya, dudukkan anak di tungkai Anda dan mengayun-ayunkannya.

pf button both Tanda Tanda dan Cara mengatasi Anak Saat Tidak Nyaman

Berikan Komentar Cancel reply

Source Article from http://doktersehat.com/tanda-tanda-dan-cara-mengatasi-anak-saat-tidak-nyaman/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>